Jembatan Longsor, Warga Pasang Karung dan Bambu

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Jembatan yang menghubungkan Dusun Kedungkebo dan Kalimati, di Desa Rayung Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban sudah beberapa bulan mengalami longsor.

Menurut keterangan Sutaltum (40), warga yang rumahnya dekat jembatan mengatakan, longsornya jembatan tersebut akibat hujan deras yang terus menerus mengguyur wilayah Rayung musim hujan lalu.

"Waktu musim hujan kemarin tanahnya tergerus oleh air kiriman dari sawah. Akibat luapan sungai airnya juga mau masuk rumah. Kalau musim kemarau seperti saat ini digunakan membuang sampah warga, " ujar ibu 3 anak ini kepada blokTuban.com, Kamis (19/5/2016).

Imbuh Sutaltum, usai kejadian waktu itu, warga langsung kerja bakti membuat penahan tebing untuk sementara. Para warga sudah mengantisipasi terjadinya longsor susulan.  "Dengan cara memasang karung yang diisi tanah pedel dan bambu penyangga," tambahnya.

Hal senada diungkapkan Luqman (18). Untuk saat ini keadaan jembatan sangat mengkhawatirkan. Para pengguna jalan kalau tidak hati-hati bisa celaka. "Saat melintas rasanya tidak nyaman dan was-was. Kemarin juga pernah ada ondel-ondel dan Traktor yang terperosok,'' tuturnya.

Pantauan bT sapaan akrab blokTuban.com, untuk kendaraan roda dua maupun roda empat masih bisa, namun untuk kendaraan roda empat harus berhati-hati.[rof/ito]