Modus Tersangka Ucap Salam ke Rumah Warga

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sutardi (45), warga Desa Jadi, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, yang babak belur di hajar massa punya cara baru untuk melancarkan aksi pencurian. Selama ini, dia diduga memang sengaja menyasar rumah-rumah kosong di wilayah pedesaan. Seperti di Desa Sembung, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban.

Selama ini, modus yang dipergunakan pelaku adalah uluk salam, atau mengucap salam di depan rumah guna memastikan apakah penghuni sedang berada di dalam rumah atau berada di luar rumah.

"Setiap ada rumah yang terlihat kosong dia uluk (ucap) salam, kalau ada jawaban ya tidak jadi masuk. Kemudian pura-pura bertanya kepada pemilik rumah," jelas Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suharta kepada blokTuban.com, Jumat (20/5/2016).

Tetapi, apabila salam dia tidak terjawab. Tersangka langsung masuk ke dalam rumah. Terlebih banyak rumah kosong di Desa Sembung karena warga banyak yang pergi ke sawah di siang hari.

Petualangan pelaku sendiri berakhir pada Kamis (20/5/2016) kemarin, setelah dia terpergok masuk ke rumah warga dan membuka lemari. Meski sempat kabur keluar desa, tetapi warga bisa menemukannya dan menyeretnya kembali ke balai desa untuk dihakimi. Petugas kepolisian dan TNI yang datang ke lokasi terlalu sedikit, sehingga kesulitan menenangkan warga yang marah. Beruntung bantuan dari Polres Tuban segera datang dan mengevakuasi tersangka ke Mapolres Tuban. [pur/col]