Jelang Ramadan, Pesanan Janur Ramai

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com -  Menjelang Ramadan, janur kuning mengalami peningkatan permintaan. Karena itu, warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban dalam sehari bisa memanjat hingga 15 pohon kelapa, Kamis (19/5/2016).

Pasalnya sudah sejak dua hari ini, pemesan janur kuning dan daun lontar mulai banyak. Pemesan bukan hanya dari desa setempat saja namun dari seluruh wilayah Kecamatan Kerek sampai keKecamatan Tambakboyo yang berada di wilayah pesisir.

"Karena pemesanan banyak dari Kecamatan Kerek dan luar Kerek, dalam sehari saya bisa memanjat hingga 15 pohon kelapa yang tingginya kurang lebih 10 meter," ujar Ari (36) kepada blokTuban.com.

Diketahui Desa Kedungrejo tidak berada di garis pantai, namun bisa dikatakan desa tersebut sebagai penghasil kelapa dan siwalan. Pasalnya di ladang para petani terdapat ratusan pohon kelapa dan juga pohon siwalan.

Ari menambahkan, dalam sehari ia bisa memperoleh janur kuning hingga 200 ikat, atau sekitar 2.000 helai janur kuning, dan setiap harinya habis. Untuk perikatnya bapak satu anak tersebut memberikan harga Rp2.000 kepada para pembeli yang kebanyakan adalah tengkulak.

Di ladang Ari terdapat kurang lebih 40 pohon kelapa dan siwalan, kalau yang masih berusia muda warga disini bisa memanjat sampai 20 sampai 25 pohon perhari. "Dalam sehari kalau ramai seperti ini saya mendapatkan penghasilan tambahan hingga Rp200 ribu sampai Rp250.000," tambah Ari. [hud/col]