Wabup: Pencari Kerja, Jangan Hanya Berharap Jadi PNS

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sejauh ini, Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi profesi idaman para pencari kerja di Tuban. Padahal, perusahaan-perusahaan swasta juga memiliki prospek yang bagus untuk menunjang karir para pekerja. Sebab itu, Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Husein berharap 42 perusahaan peserta bursa kerja menjadi alternatif pilihan kerja lain.

Sebagaimana diketahui, pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Tuban menyelenggarakan kegiatan bursa kerja sejak Selasa (17/5/2016) hari ini hingga Rabu (18/5/2016) besok. Terdapat sekitar 131 lowongan kerja pada bursa kerja yang berlangsung di area Gor Rangga Jaya Anoraga di Jalan Sunan Kalijogo ini.

Ia mengharapkan beberapa perusahaan yang membuka lowongan kerja memberi kesempatan bagi calon tenaga kerja di Tuban, baik lulusan SMK sederajat ataupun sarjana.

Politisi asal partai bersimbol sembilan bintang ini menyayangkan pencari kerja yang lebih banyak berkutat pada pekerjaan di lingkup pemerintahan.

"Dari pengalaman yang ada kebanyakan tenaga kerja masih cenderung pada jenis pekerjaan yang disediakan pemerintah," kata orang nomor dua di Tuban tersebut sebagai pembuka bursa kerja tuban tahun 2016 ini.

Selain itu, setiap tahun jumlah pencari kerja semakin meningkat. Sedangkan lowongan terbatas bahkan cenderung menurun.

"Beberapa tahun sempat terjadi kontraksi ekonomi. Pertumbuhan melambat dan nilai investasi menurun," kata pria asal Rengel tersebut.[dwi/col]