Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Gebyar karnaval yang digelar dalam rangka memperingati Haul Pondok Pesantren (Ponpes) AL Hikmah pada tanggal 15 Mei 2016 di Desa Binangun, Kematan Singgahan, Kabupaten Tuban berlangsung meriah.

Acara yang dimulai pukul 13.00 merupakan rangkaian acara HUT Ponpes yang ke-28. "Acara intinya nanti pada tanggal 17 Mei 2016, yang akan diisi dengan pengajian umum," kata Aziz salah satu dosen di STAI Al Hikmah.

Kegiatan Karnaval diikuti oleh ribuan peserta karnaval dari santriwan-santriwati. Iring-iringan rombongan pawai membuat keadaan jalan berubah menjadi lautan manusia. Para peserta mempertunjukkan beberapa kreatifitas yang lain daripada yang lain.

Kapolsek Singgahan, Totok Wijianarko mengatakan, pihak Muspika mendukung penuh kegiatan yang sifatnya melestarikan kebudayaan tersebut.

"Hari ini telah digelar karnaval budaya, semoga nantinya berjalan lancar tidak ada halangan di jalan," tuturnya usai mengikuti acara pemberangkatan.

Kegiatan karnaval dalam rangka Haul Ponpes Al Hikmah, dengan rute mengelilingi empat desa yang berdekatan. Tampak meriah acara yang diikuti dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Perguruan Tinggi STAI Alhikmah.

"Untuk rutenya sendiri yaitu, berangkat dari depan Ponpes Al Hikmah, berjalan ke timur masuk Desa Saringembat kemudian dilanjutkan ke utara menuju Desa Kedungjambe. Setelah sampai di pertigaan Kedungjambe turut ke arah barat ke Desa Tunggulrejo dan finish didepan ponpes Al Hikmah Desa Binangun," jelas Totok kepada blokTuban.com.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, kemacetan pun dapat teruraikan.[rof/col]