Laka Lantas Tinggi, Hingga April Terjadi 478 Kejadian

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kabupaten Tuban tergolong masih cukup tinggi. Pada Januari hingga April 2016 terjadi laka sebanyak 478 kejadian. Sedang pada periode sama tahun lalu hanya ada 275 kejadian laka lantas. Artinya ada kenaikan sekitar 90 persen.

Informasi yang diperoleh blokTuban.com menyebutkan, Januari 2016 terjadi 116 kejadian, Februari sebanyak 122 kejadian, Maret 124 kejadian, April 116 kejadian, total keseluruhan adalah 478 kejadian.

Kasatlantas Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dhyno Indra Setiadji menyatakan, jalan di Kabupaten Tuban memang berpotensi menimbulkan laka yang cukup tinggi, karena Kabupaten yang terletak di pesisir utara pulau Jawa ini memiliki jalur akses nasional. Oleh karena itu tidak heran jika tahun 2016 ini angka laka mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Menurut dia, volume kendaraan di Tuban sangat padat. Karena sebagai jalur nasional semua jenis kendaraan darat bisa melintas di jalur pantura Tuban. Selain itu, akses pintu masuk dari Provinsi Jawa Tengah ke Jawa Timur untuk jalan Pantura adalah melewati Kabupaten Tuban. "Maka tak heran Volume kendaraan di Tuban terus meningkat," katanya.

Dhyno menambahkan, bagi pengendara ataupun pengemudi agar senantiasa berhati-hati, terlebih jangan sampai lupa untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang ada.

"Selain patuh terhadap lalu lintas, juga jangan lupa berdoa disetiap akan berkendara," pungkasnya.[nok/fah]