Desa Sugihan Kembangkan Potensi Ternak dan Pertanian

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pembangunan itu tidak semata-mata tanggung jawab pemerintah saja akan tetapi juga merupakan tanggung jawab warga. Oleh karena itu, keterlibatan aktif warga sangat penting sehingga pembangunan bisa terlaksana.

Itulah yang menjadi salah satu alasan penegmbangan potensi ternak dan pertanian di Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban. Seperti yang diungkapkan Kepala Desa (Kades), Suharto.

"Desa sini sangat potensi sekali untuk mengembangkan ternak seperti kambing dan ayam" jelasnya, saat menunjukan beberapa kandang ternak di tengah persawahan desa setempat.

Selain ternak, lanjut Suharto, Desa Sugihan juga sangat maju pertaniannya. Terbukti, di samping kiri dan kanan kandang tampak tanaman palawija berhamparan.

Pria yang biasa disapa Harto menambhakna, pertanian dan peternakan ibarat kata sulit dipisahkan dan saling berkaitan, sebab limbah dari ternak sangat bagus dimanfaatkan untuk pupuk tanaman para petani.

"Di sekitar kandang kambing saya juga terdapan tanaman sayur dan buah, kotorannya langsung bisa dimanfaatkan untuk pupuk" terang Kepala Desa yang juga peternak ini.

Sebagai yang dituakan di desa, seorang pemimpin harus bisa jadi contoh yang baik untuk rakyatnya. "Setiap seseorang punya keahlian harus ditekuni, maka jangan pernah bosan-bosan untuk selalu berkarya" pungkas Kades dua periode berturut-turut ini. [rof/ito]