Pengumuman Kelulusan, Siswa Diminta Tertib

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Hari ini, menjadi momen penantian bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di seluruh Indonesia. Karena, hasil belajar mereka selama tiga tahun di bangku sekolah ditentukan sekarang. Menyusul adanya pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dilakukan hari ini, Sabtu (7/5/2016).

"Lumaya grogi juga, hari ini pengumuman UN soalnya," kata Nur Indayani, salah satu pelajar di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Tuban.

Kepala Bidang (Kabid) SMP/SMA/SMK di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban, Nur Khamid, membenarkan hari ini proses pengumuman kelulusan. Hanya saja, sampai sekarang belum diketahui berapa prosentasi siswa yang lulus, karena masing-masing sekolah masih menggelar rapat.

"Kita minta kepada sekolah agar pengumuman juga tidak dilakukan ramai-ramai, tapi diantarkan ke masing-masing siswa," kata Nur Khamid menjelaskan.

Hal ini dilakukan, agar pelajar bisa tertib dan tenang di hari pengumuman Unas. Juga, sebagai antisipasi dampak yang ditimbulkan karena luapan kegembiraan yang berlebihan.

"Mereka (pelajar) itukan terkadang masih kurang bisa kontrol diri, sehingga perlu diminimalisir. Kita juga meminta agar pelajar bisa tertib," kata Nur Khamid.

Diketahui, jumlah peserta Unas SMA sederajat di Tuban mencapai 10.946. Sampai pagi ini, tidak terlihat adanya iringan atau konvoi pelajar di wilayah perkotaan. Tradisi yang biasanya selalu ada di tahun-tahun sebelumnya. [pur/ito]