Musim Tak Menentu, Panen Kacang Hijau Menurun

Reporter: Khoirul huda

blokTuban.com - Di Dusun Mbawikulon, Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, para petani telah melakukan panen kacang hijau, Sabtu (7/5/2016).

Kacang hijau milik para petani telah berusia kurang labih tiga bulan, sehingga telah masuk waktu untuk dipanen. Namun dalam panen kali ini, para petani mengaku ada penurunan, dibanding dengan hasil panen tahun lalu, hal ini dipengaruhi oleh musim yang tidak menentu.

"Beberapa bulan terakhir ini musimnya tidak menentu," ujar Tutik (40) kepada blokTuban.com, salah satu petani yang tengah melakukan panen.

Petani lain Wartimi (45) menambahkan, pada tahun lalu, tanaman kacang hijau tumbuh lebih banyak, namun untuk tanam saat ini jarang yang hidup dan banyak yang mati. Menurut Wartini, 1/4 hektare lahan bisa memperoleh hasil kurang labih delapan karung besar, yang beratnya mencapai 17 kilogram perkarungnya.

"Adapun penurunanya saat ini tidak mencapai 10 persen, begitu juga untuk harga saat ini stabil, perkilogramnya ditengkulak mencapai 13.500," tambah Wartimi.

Diketahui selain menanam kacang hijau, tanaman tahap kedua ini para petani di desa tersebut juga menanam tanaman kacang tanah. hud/rom]