Miris, Potensi Wisata yang Tampak Kumuh

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, berencana melakukan gerakan bersih-bersih di kawasan Pantai Desa/Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Rencananya, acara ini akan diikuti seluruh civitas akademika Unirow, perwakilan kampus di Tuban, komunitas pemuda dan pecinta alam, masyarakat sekitar, serta support dari media online www.blokTuban.com. Acara ini akan digelar mulai jam 08.00 pada hari Minggu, tanggal 8 Mei 2016.

"Ada beberapa alasan kenapa kita harus melakukan bersih pantai di Tuban," kata Presiden BEM Unirow, Rizal, kepada blokTuban.com, Jumat (6/5/2016).

Dia mengatakan, pantai Tuban mempunyai potensi wisata sangat kuat. Terbukti, meski sekarang masih sering terlihat kumuh, masih banyak warga yang berkunjung. Kalau pantai bisa terkelola dengan baik dan bersih, dipastikan bisa lebih membawa dampak positif bagi perekonomian warga.

Selain itu, bentangan pantai di Tuban berada tepat di sisi jalur Pantura. Selama ini, pantai-pantai tersebut menjadi jujukan tempat istirahat bagi pengendara. Sehingga, sangat tidak nyaman apabila membiarkan sampah berserakan.

"Mungkin bersih pantai dampaknya hanya kecil merubah itu. Tapi, kita berharap selain bersih-bersih juga ada kesadaran lingkungan yang perlu dibangun bersama," jelas Rizal.

Diketahui, Sampah-sampah yang memenuhi pantai akan mereka pungut dan dibersihkan. Selanjutnya, sampah tersebut akan diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan bantuan armada mobil kebersihan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tuban. Acara ini, juga digelar dengan support media online www.blokTuban.com  

"Acara terbuka bagi masyarakat luas, kami persilahkan bagi siapapun yang berkeinginan untuk bergabung dengan kami membersihkan pantai," kata Rizal. [pur/rom]