Jarang Hujan, Tanaman Cabai Disiram Air

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selama satu minggu lebih tidak kunjung hujan, petani cabai yang berada di Dusun Mahbeser, Desa Tuwiriwetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban melakukan penyiraman. Penyiraman dilakukan dengan menggunakan pipa kecil/selang yang airnya dibeli dari rumah warga terdekat.

Salah satu petani, Suntari (70) mengatakan, kondisi tanah saat ini sudah kering, karena sudah sekitar satu minggu lebih tidak ada hujan, selain itu tanah di daerah ini banyak dipenuhi bebatuan.

"Ini baru yang pertama kali, namun apabila kondisinya masih seperti ini, penyiraman akan dilakukan terus," ujarnya Suntari kepada blokTuban.com.

Lanjut Suntari, selain itu sebentar lagi saya juga akan menaburkan pupuk, sehingga apabila tidak dilakukan penyiraman pemberian pupuk menjadi tidak berguna yang akan menyebabkan buah tidak maksimal bahkan bisa sampai mati.

"Penyiraman ini dilakukan karena tanaman-tanaman cabai sudah waktunya untuk diberi pupuk, agar pupuk lebih cepat bereaksi sehingga dilakukan hal seperti ini ," pungkas Suntari.

Dari pantauan blokTuban.com tanaman cabai yang telah dipanen satu kali ini seluas kurang lebih 1/4 hektare dan daunya telah layu.[hud/ito]