Investasi TWT Butuh Puluhan Milliar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Terminal Wisata Tuban atau yang dikenal dengan sebutan TWT kini sudah mulai babak baru. Tempat yang dijadikan satu sekaligus antara terminal dan tempat wisata itu telah mencapai kesepakatan dengan pihak ketiga (Investor) untuk dilakukan pembangunan. Bahkan, dana yang diperkirakan untuk pembangunan TWT diperkirakan tidak dalam jumlah nominal yang kecil.

Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Farid Achmadi mengatakan, bahwa memang pembangunan TWT ini memerlukan dana yang cukup besar, oleh karena itu diperlukan investor untuk bekerjasama.

"Dana yang dibutuhkan bisa mencapai puluhan milliar, karena banyak yang akan diperbaiki," ujar Farid.

[Baca juga: Capai Kesepakatan, Pemkab Bersama Investor Teken MoU]

Dia menjelaskan, alasan menggandeng pihak ketiga dalam pembangunan TWT ini, karena memakan anggaran yang cukup besar. Jika dikerjakan oleh Pemkab, maka kemungkinan besar terjadi untuk tiap-tiap pos anggaran yang lain tidak akan mendapatkan anggaran yang sesuai posturnya, alias terjadi pengurangan anggaran.

"Oleh karena itu dirasa efektif adalah dengan bekerjasama dengan pihak ketiga," pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya sudah dilakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemkab Tuban dengan Investor Juwana Water Fantasy (JWF) pada Senin, 4 April 2016 bertempat di Kantor Wakil Bupati Tuban. [nok/rom]