Tiga Kecamatan Jadi Percontohan Peternakan Rakyat

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam meningkatkan potensi peternakan di tengah masyarakat mulai bergeliat. Sedikitnya, tiga dari 20 kecamatan di Tuban ditunjuk sebagai pilot project atau percontohan untuk Sentra Peternakan Rakyat (SPR) khususnya ternak sapi.

Tiga kecamatan yang dimaksud yakni Jatirogo, Palang dan Tambakboyo. Pemkab Tuban melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) siap mengembangkan sentra peternakan tersebut.

Langkah yang diambil Dispertan sejauh ini melakukan kajian dan bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggi negeri di Malang, yaitu Universitas Brawiajaya (Unibraw). Sebab, fakultas peternakan terdapat dan diajarkan di univeraitas tersebut.

"Selain itu, Universitas Gajam Mada (UGM) masih tahap konfirmasi," kata Kapala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pipin Diah Larasati.

Sebagaimana diketahui, pada pemerintahan presiden Joko Widodo, pemerintah akan memfasilitasi pembentukkan SPR. Bantuan berupa dana tengah dipersiapkan, yakni sekitar Rp3miliar diperuntukkan tiap SPR untuk membangun fasilitas yang diperlukan.[dwi/ito]