Seminggu Lagi, Ada 'Dua Empat' Jam Pameran Sastra

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sastra dan literasi. Dua hal yang tampaknya mulai bergeliat di Kabupaten Tuban. Peminatnya? terlihat berasal dari banyak kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pendidik, ataupun berasal dari profesi dan pekerjaan di luar lingkungan akademisi.

Seminggu lagi, tepatnya di tanggal 7 Mei sampai 8 Mei 2016, Komunitas Langit Tuban akan menggelar pameran sastra bertajuk 'Dua Empat' jam. Acara akan dihelat di Gedung Graha Pradya Swara, Jalan Mastrip, dengan support dari media online www.blokTuban.com, radio Pradya Suara, BMM Management, Langit Film Production, dan juga toko buku CV Pustaka Ilalang.

"Kenapa 'dua empat jam? Ya karena waktu pameran sastra ini terbatas," jelas Ketua Umum Komunitas Langit Tuban, Sumartik, kepada blokTuban.com, Sabtu (30/4/2016).

Meski singkat, tapi komunitas ini berharap bisa menyuguhkan pameran dengan maksimal. Pengunjung bisa menikmati seluruh rangkaian acara, dan pesan pameran bisa sampai ke khalayak meski dengan waktu terbatas.

Sumartik mengatakan, pameran ini digelar sebagai pengingat kalau Tuban mempunyai banyak penulis potensial. Mereka masih terus berkarya, dan aktif menulis sampai detik ini. Pameran ini sendiri, akan diisi puluhan penulis asal Tuban, dan beberapa penulis dari luar daerah yang aktif berkegiatan di Tuban.

Perempuan penyandang gelar Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tersebut menegaskan, sastra di Tuban sudah mulai bergeliat. Hanya saja, banyak masyarakat yang kurang mengetahui. Dia mencontohkan nama Darju Prasetya, penulis asal Tuban yang nama dan karyanya sudah menasional di kalangan penulis.

"Karya sastra yang ada di pameran ini, juga akan kami kumpulkan untuk dijadikan antologi dalam sebuah buku," jelas Sumartik.

Tidak hanya pameran sastra, acara yang hanya berlangsung dalam 24 jam itu juga akan diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan. Seperti bedah buku berjudul 'Orang-orang yang Terasing' karya Darju Prasetya dan juga Sarasehan Proses dalam Berfilm.

Penasaran dengan siapa saja penulisnya? Yuk langsung datang ke lokasi acara. Gratis dan terbuka bagi siapapun. [pur/rom]