Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dijadwalkan berlangsung pada 9 Mei sampai 12 Mei 2016 nanti.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban, mengatakan Kabupaten Tuban sudah siap menggelar UN tingkat SMP. UN ini akan diikuti sebanyak 10.964 siswa daru bumi wali.

"Kita sudah siap melaksanakan UN," kata Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang SMP/SMA/SMK di Disdikpora Tuban, Teguh Widodo, Sabtu (30/1/2016).

Persiapan ujian nasional, meliputi pendataan siswa, penyiapan tempat pelaksanaan, sampai dengan kordinasi dengan Polisi untuk pengamanan soal sudah selesai dilakukan. Tinggal menunggu waktu pengambilan soal dan mendistribusikan ke kecamatan sampai ke sekolah-sekolah.

Kendati sudah siap, di Tuban hanya ada dua lembaga pendidikan yang sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Yakni SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Tuban. Sistem ini, sebenarnya sama dengan yang diterapkan untuk jenjang SMA.

"Sementara untuk sekolah yang lain, ujian nasional masih menggunakan kertas atau dengan cara manual," kata Teguh.

Banyak faktor kenapa UNBK belum bisa diterapkan secara menyeluruh di Kabupaten Tuban. Salah satunya, adalah terbatasnya perlengkapan komputer yang dimiliki masing-masing sekolah. [pur/ito]