Komisi B: Bantuan Kelompok Tani Perlu Diverifikasi

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, mensinyalir bantuan yang diberikan kelompok tani hanya dinikmati segelintir orang. Untuk itu, mereka meminta agar calon penerima bantuan tani ke depan, perlu dilakukan verifikasi yang lebih mendetail.

"Perlu dilakukan verifikasi yang lebih detail, agar penyaluran ke depan bisa lebih tepat sasaran dan tidak hanya dinikmati segelintir orang saja," kata salah satu anggota Komisi B DPRD Tuban, Warsito, Jumat (29/4/2016).

Selama dia reses, kata Warsito, kerap mendapatkan keluhan dari masyarakat mengenai permasalahan tersebut. Calon penerima bantuan harus jelas untuk kelengkapan dan persyaratan. Selain itu, hal yang perlu dilakukan pemerintah ke depan adalah pembinaan bagi penerima dana hibah, utamanya penerima bantuan alat-alat pertanian untuk kelompok tani. Terkadang, banyak kelompok petani yang tidak paham penanganan kerusakan dari alat yang sudah mereka terima.

Senada, Cancoko, anggota Komisi B di DPRD Tuban yang lain juga mengingatkan kepada Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan), agar segera menyalurkan bantuan hand tracktor dari pemerintah pusat untuk petani Tuban. Diketahui, sekitar 100 lebih hand tracktor saat ini masih berada di kantor Dispertan, Jalan Mastrip, Tuban.

"Meski begitu, harus disalurkan cepat, calon penerima bantuan hand tractor ini juga harus dilakukan verifikasi yang mendetail. Supaya penyaluran ini tepat sasaran," kata Cancoko.

Komsi B, diketahui juga sudah melakukan pemanggilan yang ditujukan kepada Dispertan. Tujuannya, untuk melakukan monitoring dan evaluasi program bantuan pertanian di Kabupaten Tuban. [pur/rom]

*Ilustrasi handtracktor