Dispertan: UPTD Terus Awasi Penerima Bantuan Pertanian

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Tuban, mengaku terus melakukan pengawasan peruntukan bantuan pertanian bagi kelompok tani. Supaya, bantuan tersebut tidak hanya dinikmati segelintir orang saja.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispertan, Mustarikah mengatakan, kalau pengawasan terus menerus dilakukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di masing-masing wilayah. Kemudian, sampai detik ini pihaknya belum menemukan adanya permasalahan bagi penerima bantuan pertanian.

"Masing-masing UPTD melakukan pengawasan terhadap penerima bantuan tersebut," terang Mustarikah, Jumat (29/4/2016).

Selain pengawasan, setiap kelompok tani penerima bantuan juga diminta menjaga peralatan yang sudah diberikan. Agar bisa dinikmati dan diambil manfaatnya bersama. Selain itu, Dispertan juga berharap agar kelompok tani bisa mengembangkan alat pertanian yang sudah diberikan.

"Tidak hanya menjaga, tetapi juga kami berharap bisa mengembangkan," kata Mustarikah.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, mensinyalir bantuan yang diberikan kepada kelompok tani hanya dinikmati segelintir orang. Untuk itu, mereka meminta agar calon penerima bantuan pertanian ke depan, perlu dilakukan verifikasi yang lebih mendetail.

"Perlu dilakukan verifikasi yang lebih detail, agar penyaluran ke depan bisa lebih tepat sasaran dan tidak hanya dinikmati segelintir orang saja," kata salah satu anggota Komisi B DPRD Tuban, Warsito. [pur/rom]

*Ilustrasi handtraktor