17 CJH Bangilan Ikuti Pemeriksaan di Puskesmas

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji (CJH) oleh Puskesmas Bangilan dilakukan untuk memberi pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi CJH. Sehingga jemaah dapat menunaikan ibadah sesuai dengan ketentuan ajaran agama islam.

Sebanyak 17 CJH Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban menjalani pemeriksaan kesehatan tahap 1 di UPTD Puskesmas setempat.

Plt, Kepala Puskesmas Bangilan, dr. Risa Wahyuningsih mengatakan, pemeriksaan kesehatan tahap pertama ini merupakan upaya penilaian status kesehatan pada seluruh CJH, menggunakan metode pemeriksaan medis yang dibakukan, untuk mendapatkan data kesehatan bagi upaya-upaya perawatan dan pemeliharaan, serta pembinaan dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi CJH, sehingga jemaah dapat menunaikan ibadahnya secara maksimal.

"Agar calon jemaah dapat menunaikan ibadahnya secara maksimal, maka kesehatan harus betul-betul diperhatikan," ujar dr. Risa.

Tujuan tersebut dicapai melalui upaya-upaya peningkatan kondisi kesehatan sebelum berangkat, menjaga kondisi sehat selama menunaikan ibadah haji sampai kembali ke Rumah masing-masing, serta mencegah transmisi penyakit menular yang mungkin terbawa keluar atau masuk oleh CJH.

"Dengan penanganan dan pemeriksaan kesehatan sejak awal, semoga CJH Kecamatan Bangilan berangkat dan pulangnya nanti tetap sehat," pungkasnya. [rof/rom]