Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe Tuban yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Himbas) menggelar giat Gelar Karya Sastra. Pada kesempatan tersebut, turut menghadirkan sastrawan kenamaan, Sosiawan Leak dalam workshop atau pelatihan tulis dan baca puisi, Selasa (26/4/2016).

Pelatihan sastra yang berfokus pada penulisan puisi menjadi salah satu rangkaian gelar karya sastra yang disupport www.bloktuban.com bertajuk mengais serpihan karya sastrawan muda. Kehadiran Sosiawan Leak atau bernama asli Sosiawan Budi Sulistyo menjadi pecut puluhan peserta pelatihan berkarya sastra, terutama puisi.

Berlangsung di gedung M lantai dua UNIROW, pria kelahiran 23 September 1967 ini menularkan ilmu sastra penulisam puisi. Ruang kelas dibuat duduk beralas lantai, sehingga suasana nampak dekat antara pamateri dengan peserta.

Tidak menonjolkan materi lisan, namun praktek penulisan puisi lebih dikedepankan. Pada beberapa kesempatan, materi disisipkan saat peserta membaca puisi hasil karya mereka.

"Menulis puisi bisa berangkat dari prespektif (pandangan) diri pribadi atau dari umum. Ketika afa kejanggalan tidak wajar, bisa lantaran diksi (pilihan kata) tersebut kurang tepat," kata Sosiawan Leak disela pelatihan.

Diketahui gelak karya sastra belangsung selama enam hari. Terhitung sejak tanggal 21 hingga 26 April 2016.

"Berhubung ada peringatan hari sastra yang jatuh tanggal 27 April, kami (Himbas) mengadakan workshop tulis dan baca puisi," kata Ketua Umum Himbas, Yeti Lusiana kepada blokTuban.com.

Pada malam puncak yang berarti nanti malam bakal diagendakan launching buku dari Sosiawan Leak berjudul Wathathita. Selain itu digelar pula talkshow atau unen-unen Tuban terkait sastra.[dwi/ito]