STAI AL Hikmah Tuban, Launching PSGA

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebagai usaha untuk pembelanjaran tentang gender Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hikmah melaunching Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) di kampus setempat. Dilaunchingnya PSGA di kampus yang beralamat di Jalan PP Al Hikmah Desa Binangun, Singgahan, Tuban. Selasa, (26/4/2016) itu merupakan cerminan sebuah gagasan atau pemikiran yang berkonsentrasi pada pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Ketua PSGA, Fathonah K. Daud menjelaskan bahwasanya tujuan dibentuknya PSGA ini sebagai lembaga yang memberikan manfaat bagi para wanita dan anak-anak perspektif Islam dan sesuai dengan nilai nilai Pancasila untuk mewujudkan masyarakat yang adil.

“Pendirian PSGA merupakan panggilan nurani, STAI AL-Hikmah untuk berpartisipasi membangun masyarakat sekitar, dengan aksi, karena melihat buruknya keterlibatan dalam pembangunan,” jelas Dosen asal Bojonegoro ini.

Menurutnya, PSGA nantinya diharapkan akan menjadi lembaga penelitian dan perlindungan terhadap perempuan dan anak-anak. Selain itu juga bisa menjadi rujukan dalam pengambilan kebijakan pemerintah lokal yang berkaitan dengan gender dan anak.

“Misi PSGA sendiri nantinya, akan melakukan kajian-kajian, penelitian, memberdayakan perempuan, dan menjalin kerja sama dengan bebagai pihak yang bergerak dalam bidang gender dan anak,” tandasnya.

Diketahui, dalam rangkaian acara launching PSGA, dihadiri lintas kalangan dari Kabupaten Tuban dan Bojonegoro, antara lain PAC Muslimat NU Sekabupaten Tuban, Ketua Muslimat Bojonegoro, Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban, Aisiyah, Muhammadiyah Bojonegoro dan Tuban, KPI, KPR, aktivis mahasiswa, dan juga akademisi. [rof/col]