Puskesmas Grabagan, Lakukan Penyuluhan Kesehatan di Waleran

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selasa (26/4/2016), Puskesmas Grabagan melakukan penyuluhan kesehatan pada kelompok Darah Tinggi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Desa Waleran, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Hal ini merupakan salah satu program dari Puskesmas Grabagan, yang bertujuan untuk meminimalisir menularnya penyakit dan merupakan Promotif (Promosi), Prefentif atau langkah awal pencegahan penyakit.

Perawat dari Puskesmas Grabagan, Amin Martono S.Kep.Nes mengatakan, penyuluhan ini merupakan kegiatan rutin dari Puskesmas Ggrabagan, yang dalam sebulanya dilakukan di seluruh desa di kecamatan setempat.

"Kegiatan ini merupakan program rutin dari Puskesmas Grabagan," ujar Amin kepada blokTuban.com.

Penyuluhan yang diselenggarakan di Kantor Balai Desa Waleran tersebut diikuti oleh belasan orang, dari berbagai usia. "Namun sasaran dari Puskesmas Grabagan adalah warga yang mempunyai KIS dan Jamkesmas," sambungnya.

Dalam penyuluhan ini warga diharapkan bisa mengerti tentang penyakit yang dikeluhkan, dan dalam penyuluhan ini pihak puskesmas memberikan waktu kepada warga untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi seputar kesehatan.

"Setelah adanya penyuluhan ini diharapkan masyarakat mengerti tentang masalah kesehatan, dan tidak terlambat untuk melakukan pengobatan," pungkas perawat dari Puskesmas tersebut.

Diketahui penyuluhan ini bukan hanya untuk penyakit darah tinggi, namun beberapa penyakit juga dibahas dalam penyuluhan. [hud/rom]