Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com – Keberadaan potensi gas yang berada di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro, tampaknya mulai dilirik berbagai pihak untuk dimanfaatkan. Informasi yang diterima blokTuban.com, salah satu pihak yang akan memanfaatkan potensi ini adalah PT Semen Indonesia, Tbk, pasca penandatanganan nota kerjasama potensi Minyak dan Gas Bumi (Migas) dengan PT Pertamina (persero) pekan lalu.

Dirut PT SI, Suparni, ketika dikonfirmasi mengenai tindak lanjut kerjasama itu mengatakan kerjasama berlaku untuk kedua wilayah perusahaan di Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Tuban, dimana ada empat pabrik PT SI yang sudah beroperasi.

“Ada beberapa fasilitas yang akan dialihkan menggunakan energi gas,” jelas Suparni, kepada blokTuban.com, Selasa (26/4/2016).

Di antaranya, kata Suparni, adalah secara signifikan pengalihan energi gas untuk semua kendaraan tangki milik perusahaan. Supaya bisa menekan penggunaan bahan bakar solar yang cukup besar.

“Mmobil tangki itu ya arahnya memang dialihkan ke energi gas,” lanjutnya.

Suparni mengaku, sudah mendapatkan informasi, kalau di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro mempunyai cadangan gas yang besar. Diharapkan, cadangan gas tersebut bisa juga dimanfaatkan perusahaan untuk kepentingan operasi.

Selain penggunaan gas, kerjasama juga akan berbentuk pemanfaatan fasilitas dua perusahaan. Termasuk penggunaan pelabuhan laut apabila memang diperlukan.

Data yang dihimpun blokTuban.com, salah satu cadangan gas potensial berada di Lapangan Sumber, Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Lapangan Sumber 1 yang dikelola Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) telah selesai dilakukan uji produksi pada kisaran bulan November 2013 lalu. Saat itu mendapatkan hasil rate gas dengan choke 32/64” sebesar 6.6MMSCFD dan kondensat 216 Barel per hari.

Selain itu, cadangan potensi gas lain berada di Lapangan Gas Lengo, tepatnya di perairan laut utara Bulu, Kecamatan Bancar. Gas dari tempat ini, akan dikelola PT KrisEnergy dan disambung ke darat menuju ke Kawasan Industri Tuban (KIT) yang masuk Desa Karangasem, Desa Socorejo, dan Desa Temaji, ke semuanya berada di Kecamatan Jenu. [pur/ito]