Optimis, Usai Capacity Building Bersama Danki

Reporter: Parto Sasmito

blokTuban.com - Dalam kegiatan sosialisasi Ujian Nasional (UN) dan doa bersama yang dilaksanakan oleh SMPN 5 Tuban di lapangan sekolah setempat, dilanjutkan dengan peningkatan kapasitas (capacity building) yang diberikan oleh Komandan Kompi (Danki) Brimob Bojonegoro AKP Sujono S.H, M. Hum dan trainer dari Madiun, Endra Diandra.

Danki Sujono, memulai kegiatan tersebut dengan melatih kosentrasi terlebih dahulu melalui tepuk tangan. Tampak para peserta yang terdiri dari 248 siswa kelas XI bersama wali murid dengan semangat mengikuti instruksi yang diberikan.

Baca juga [ SMPN 5 Tuban Gelar Doa Bersama ]

Setelah melatih kosentrasi, peserta diberikan refleksi tentang jati diri sebenarnya bahwa manusia itu adalah mahluk yang sangat mahal. Kemudian, dengan mata terpejam, para peserta diajak masuk ke dalam diri dan membayangkan kedua orang tua.

"Bayangkan bagaimana detik-detik saat ibu melahirkan kita. Setelah kita lahir, dihitung jumlah jari yang kita miliki, dan ternyata lengkap. Betapa bahagianya ibu kita yang telah berjuang melahirkan kita," ujar Danki yang ditambah dengan suasana haru iringan musik.

Tampak para peserta menitikkan air mata, juga wali murid tak kuasa menahan tangis. Bahkan, ada siswi yang menangis di pelukan ibunya. Dalam kondisi tersebut, usai refleksi, dilanjutkan oleh trainer dari Madiun, Endra Diandra yang mengajak peserta untuk lebih rileks dan merasakan diri senyaman mungkin dengan tetap mengikuti apa yang dikatakannya.

"Rasakan saat ini kamu di hari UN yang pertama. Mulai membuka lembar soal, dan membacanya. Kemudian dengan percaya diri mengisi semua jawaban dalam lembar jawaban," ajak Endra, sapaan akrabnya.

Siswa perlahan memperagakan tangan seperti mengerjakan soal pada ujian, namun masih dengan mata terpejam. Endra melanjutkan sugseti dengan hari ujian berikutnya dan terus pada cita-cita yang diinginkan oleh siswa.

Salah satu siswa usai kegiatan, Putri Maulidina mengaku senang mengikuti kegiatan capacity building. Menurutnya, pada saat diberikan bimbingan, ia merasa telah memakai seragam sesuai apa yang diinginkannya.

"Jadi optimis dengan cita-cita saya, ingin menjadi Polwan," ujar siswi yang biasa disapa Dina itu dengan optimis.

Kepala SMPN 5 Tuban, Tri Haryanto mengatakan, Capacity building bersama dengan Danki Sujono kali ini adalah yang ke dua kalinya. Sebelumnya, pada akhir bulan Maret kemarin, siswa telah diberikan peningkatan kapasitas oleh pria nomor satu di Brimob Bojonegoro itu.

"Setelah kegiatan pertama bulan kemarin, siswa sangat antusias karena ada perubahan yang dirasakan oleh siswa. Setelah kita bicarakan dengan wali murid, malam ini kegiatannya diberikan lagi," kata Haryanto.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan siswa menjadi lebih siap menghadapi UN yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2016 mendatang. Selain itu, ada ikatan kuat antara siswa dan orang tua. Sehingga anak menjadi lebih sopan dan berbakti kepada orang tua, sehingga diberikan restu untuk sukses menjalankan UN nanti dan untuk meraih cita-cita di masa yang akan datang. [ito/mu]