Lebih Banyak Kuman di 'Gym'" Ketimbang di Dudukan Toilet

Reporter: -

blokTuban.com - Misalnya treadmill, sepeda statis, atau alat latihan beban, berpotensi mengandung lebih dari satu juta bakteri perinci persegi.

Dengan kata lain, FitRated menemukan bahwa peralatan latihan beban berpotensi memiliki bakteri 362 kali lebih banyak daripada dudukan toilet dan treadmill memiliki 74 kali lebih banyak bakteri daripada keran kamar mandi umum.

Belum lagi, mereka menemukan bahwa 70 persen dari bakteri yang ditemukan berpotensi berbahaya bagi manusia.

Bakteri dari treadmill, sepeda statis, dan alat latihan beban, semua menunjukkan adanya kuman gram-positif cocci, penyebab umum dari infeksi kulit dan penyakit lainnya. Serta, bakteri gram-negatif, yang dapat memicu berbagai jenis infeksi dan kadang-kadang tidak mempan dengan antibiotik.

Sepeda statis dan sampel alat latihan beban juga menunjukkan adanya kuman Bacillus, penyebab potensial dari infeksi telinga, mata, dan infeksi saluran pernapasan.

FitRated menjelaskan bahwa adalah biasa jika tempat-tempat umum menjadi pelabuhan berbagai jenis bakteri, tapi gym khususnya dapat menjadi hotspot bagi kuman. Setiap kali Anda berlatih, Anda bisa menempatkan diri pada risiko penyakit atau infeksi.

Jadi apa yang harus Anda lakukan? Pastikan untuk mensterilkan mesin baik sebelum dan setelah Anda menggunakannya dan hindari menyentuh wajah Anda.

FitRated juga menyarankan Anda agar tidak pernah berjalan tanpa alas kaki dan mencuci tangan serta mengganti pakaian Anda segera setelah menyelesaikan sesi latihan Anda. Masih panik? Anda selalu bisa berolahraga di rumah, bukan?

Sumber: http://health.kompas.com/read/2016/04/21/193554723/Lebih.Banyak.Kuman.di.Gym.Ketimbang.di.Dudukan.Toilet