Klarifikasi Lomba Desa Sudah Tahap Akhir

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pelaksanaan Lomba Desa di Kabupaten Tuban sudah memasuki tahap akhir pada Rabu (20/4/2016), sebab 20 Desa unggulan di masing-masing kecamatan telah selesai dilakukan klarifikasi oleh Bapemas, Pemdes dan KB Kabupaten Tuban. Alhasil, saat ini telah dilakukan evaluasi oleh tim penilai yang diterjunkan untuk mengevaluasi pemaparan tiap-tiap desa unggulan peserta lomba.

Kasubid Keswadayaan Masyarakat dan Pengembangan Sumberdaya, bidang Pemberdayaan dan Keswadayaan Masyarakat, Amik Faldhori mengatakan, saat ini klarifikasi telah selesai, yang terakhir hari ini adalah Desa Montong Sekar Kecamatan Montong dan Desa Telogowaru Kecamatan Merakurak.

"Saat ini telah dilakukan evaluasi oleh tim penilai lomba desa, 20 desa akan sudah diklarifikasi atas pemaparannya, saat ini tinggal dinilai," terang Amik kepada blokTuban.com

Selanjutnya Amik menjelaskan, bahwa lomba desa ini diikuti oleh desa unggulan di masing-masing kecamatan, jadi tiap kecamatan ada satu desa unggulan sebagai peserta lomba yang tentunya mewakili kecamatannya masing-masing untuk memperebutkan juara.

"Penentuan juaranya belum bisa diputuskan sekarang, seperti yang saya sampaikan, saat ini sedang dilakukan penilaian oleh tim penilai," pungkasnya.

Diketahui, dalam pelaksanaan lomba desa akan menetapkan lima juara, untuk juara pertama akan mendapatkan hadiah 150 juta, kedua 125 juta, ketiga 100 juta, untuk harapan satu mendapatkan 75 juta, sedangkan harapan dua mendapatkan uang tunai 50 juta. Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban tahun 2016. [nok/rom]