PWI Jatim: Peran Pers Sangat Besar Dalam Demokrasi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pers memiliki peran yang sangat besar dalam mengawal demokrasi di Indonesia. Sebab, sejak era reformasi peran pers sangat dirasakan oleh masyarakat. Dalam kehidupan bernegara pers bisa mengawal kebijakan ekonomi, Politik, Sosial dan Budaya.

Ketua Wilayah PWI Jatim, Ahmad Munir mengatakan, bahwa dunia pers memiliki peran dan fungsi sebagai kontrol sosial yang sangat besar, karena pers bisa mengontrol kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga informasinya bisa diterima oleh masyarakat secara luas.

"Pers memiliki peran yang sangat besar dalam mengawal demokrasi, menjadi kontrol sosial yang akan memantau perkembangan pemerintahan," terang Munir.

Menurutnya, keberadaan pers saat ini jika ditarik berdasarkan sejarah maka tidak lepas dari era reformasi. Sekarang wartawan bisa menulis berita tentang pemerintahan, sekalipun itu berita jelek, namun harus obyektif sesuai dengan kenyataan yang ada dan juga harus berimbang. Maksud berimbang adalah ada narasumber yang tepat untuk menjawab.

"Misal kerusakan jalan penghubung desa, selain kita melihat kondisi lapangan, maka jangan lupa untuk meminta konfirmasi dari narasumber, dalam hal ini yaitu Dinas Pekerjaan Umum (DPU)," jelasnya. [nok/ito]