RUU Nelayan untuk Pelindungan dan Kesejahteraan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Nelayan memang sangat membutuhkan payung hukum untuk menjamin kesejahteraannya dalam bekerja. Sebab dengan bekerja di laut ancaman seringkali mengintai sewaktu-waktu, sehingga tak heran terkadang kecelakaan lautpun terjadi.

Oleh karena itu, RUU Kesejahteraan Nelayan yang sudah diteken oleh Menteri Kelautan dan Perikanan dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dirasa sudah tepat dengan kondisi yang dibutuhkan nelayan saat ini. Bahkan, dukungan terkait RUU tersebut juga datang dari Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban.

"Sudah tepat dengan adanya RUU yang sudah disepakati Bu Susi dengan DPR RI," Kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Sunarto kepada blokTuban.com (Rabu, 6/4/16)

Sunarto mengakui, bahwa selama ini nelayan memang belum diperhatikan sepenuhnya oleh pemerintah, oleh karena itu dengan adanya RUU Kesejahteraan nelayan ini maka akan sangat besar manfaat yang dirasakan oleh para nelayan.

"Bekerjanya di laut melawan kerasnya ombak dan penuh ancaman, bahaya sewaktu-waktu mengintai, maka dengan adanya RUU ini diharapkan mampu menjamin perlindungan nelayan dalam hal kesejahteraan," paparnya.

Menurutnya, Jika kelak RUU ini sudah disahkan menjadi UU maka nelayan akan merasa lega. Sebab mereka akan sudah terlindungi secara payung hukum.

"Namanya saja kan RUU kesejahteraan nelayan, maka diharapkan juga akan membuat nelayan lebih sejahtera, dan merasa terlindungi," pungkas Sunarto.[nok/ito]