Terkendala Kesiapan, Baru 14 Sekolah Berbasis Komputer

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kali ini belum merata di seluruh sekolah di Kabupaten Tuban. Tercatat saat ini baru 14 sekolah pada tahun ini melaksanakan UNBK.

Diketahui keempat belas sekolah melaksanakan UNBK terdiri dari dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sisanya Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Lantaran menjadi sekolah pelaksana UNBK membutuhkan kesiapan dan biaya lebih, maka dari itu tidak semua sekolah dapat melaksanakan UNBK.

"Di Tuban baru 14 sekolah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Yaitu SMAN 1 Tuban, delapan SMK Negeri dan Swasta di Tuban serta SMP N 1 dan 2 Tuban," kata Kepala Bidang Pendidikan SMP, SMA dan SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Nur Khamid disela kunjungan Wakil Bupati (Wabup), Noor Nahar Husein ke tiga sekolah pelaksana UN, Senin (4/4/2016).

Sementra itu, menurut Wabup, pelaksanaan UNBK diakuinya masih minim. Pelaksnaan UNBK masih dalam tahap pematangan, tidak bisa dipaksakan harus diterapkan di seluruh sekolah.

"Kita dorong terus supaya tahun depan lebih luas cakupannya. Untuk tingkat kejujuran sendiri, sekolah UNBK dapat dikatakan jujur, kalau konvensional kemungkinan masih ada rembukan (diskusi)," kata orang nomor dua di Tuban terebut.[dwi/ito]