Tak Bisa Gelar UN Mandiri, SMK Dwisakti Bangilan Menginduk

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebagian SMA/SMK di Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban tidak bisa menggelar Ujian Nasional (UN) secara mandiri. SMK Dwi Sakti jurusan akuntansi misalnya, yang terpaksa menginduk atau menggabung ke sekolah lain, karena berbagai alasan. Salah satunya karena jumlah peserta UN yang minim.

Wakil Kepala sekolah , M. Ulin Nuha kepada blokTuban.com mengatakan, pada tahun 2016 ini, ada 17 siwa yang mengikuti UN di SMK N 2 Tuban. "Adapun total peserta UN SMK Dwi Sakti saat ini terdiri dari Laki-laki 6 siswa dan perempuan 11 Siswa," ungkapnya.

Dengan menginduk ke sekolah yang lain, tidak akan menyulitkan siswa dalam mengikuti UN. Untuk menginduk ke sekolah yang jauh, seluruh siswa Kelas XII didampingi 2 guru pendamping.

Tahun ini siswa SMK Dwi Sakti Jurusan Akuntansi berjumlah 60 siswa yang terdiri dari kelas X 24 siswa, kelas XI 19 Siwa, dan kelas XII berjumlah 17 siswa.

"Insyaallah tahun depan kita bisa ujian sendiri, dan kami akan selalu berusaha dengan maksimal dalm mendidik siwa kami" ujar Nuha. [rof/ito]