Beberapa Bulan Kosong, Kandang Ayam Potong Mulai Terisi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kandang ayam potong di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban yang beberapa bulan kemarin sempat kosong tidak terisi saat ini telah mulai diisi, Jumat (18/3/2016).

Hal ini dikarenakan sebelumnya para peternak yang kebanyakan adalah para petani banyak yang melakukan cocok tanam di ladang dan sibuk melakukan aktifitas sehari-harinya.Saat ini tanaman di lahan pertanian kebanyakan telah dipanen, para petani bisa melanjutkan aktifitasnya untuk berternak ayam potong.

Salah satu peternak Desa Pucangan Kasrun (45) mengatakan, saat ini banyak kandang yang mulai terisi ayam, ada yang baru satu minggu hingga satu bulanan. Kandang miliknya, baru satu minggu diisi sehingga masih rawan apabila tidak dirawat dengan maksimal.

"Baru satu minggu kandang ini saya isi," ujar kasrun kepada blokTuban.com.

Saat ini ia mengisi kandangnya dengan cara kontrak atau kemitraan dengan salah satu perusahaan yang membidangi peternakan ayam. Untuk setiap satu ekor ayam potong yang baru berusia dua hari, ia diberi dengan harga Rp6.500.

Kasrun mengaku, sebelum mengisi kandangnya ia melakukan aktifitasnya di lahan pertanian, meskipun sebenarnya masih bisa melakukan pekerjaan sampingan namun Kasrun merasa enggan.

"Jagung milik saya sekarang tinggal panen, dan telah melakukan tanam untuk yang kedua kalinya, saya baru berani mengisi kandang dengan jumlah 4.500 ekor ayam," tambah Kasrun.[hud/lis]