Desa Waleran Penghasil Jagung Tertinggi di Grabagan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Desa Waleran merupakan salah satu desa di Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban yang luasan lahannya banyak ditanami jagung. Desa yang memiliki empat dusun tersebut, yakni Dusun Krajan, Karanglor, Gegunung dan Borokembang terdapat kurang lebih 1.433 hektare lahan ditanami jagung.

Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Grabagan mengatakan, meskipun sekarang baru beberapa petani telah melakukan panen, kemungkinan besar apabila rata-rata panen perhektarenya hingga 7,3 ton, saat panen raya nanti total panen di desa tersebut bisa mencapai 10.460 ton.

Lahan-lahan tersebut meliputi sebagian milik Perhutani dan sebagian lagi milik warga setempat. "Untuk saat ini luas lahan tanaman jagung yang berada di Kecamatan Grabagan terdapat di Desa Waleran, disusul Desa Grabagan dan Ngandong," kata Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Grabagan itu.

Selain Desa Waleran, merupakan desa yang paling luas lahan tanaman jagung, otomatis desa tersebut juga memiliki hasil panen jagung yang paling tinggi di Kecamatan Grabagan.

Sekretaris Desa (Sekdes) Waleran Waris mengatakan, produk unggulan para petani di desanya adalah jagung. Hal ini dikarenakan lahan yang meliputi lahan milik Perhutani dan milik warga setempat itu merupakan lahan tadah hujan.

"Sehingga tanaman jagung mendominasi saat musim tanam yang pertama, setelah itu para petani melakukan tanaman kacang dan cabai," pungkas Waris.[hud/col]