Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah

Pengirim: Arianto

blokTuban.com - Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?

Binatang air tawar yang menjadi kembaran kepiting itu mulai banyak diminati para pemburu kuliner. Bahkan Warung Pondok Koi di Desa Ngemplak, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, memilih olahan yuyu sebagai menu andalan.

Warung milik Andi Raharja itu mengolah yuyu menjadi makanan yang diberi nama 'Jangan Yuyu Sayur Lompong'. Masakan tradisional itu menggunakan resep keluarga yang diwariskan turun-temurun.

Untuk menikmati 'Jangan Yuyu Sayur Lompong' cukup disandingkan dengan lauk tempe goreng hangat dan sepiring nasi putih atau nasi jagung. Harganya juga sangat terjangkau, hanya Rp12.000 per porsi, sudah termasuk minumnya.

Jangan Yuyu Sayur Lompong memang bukan menu masakan baru. Dulu di pedesaan kuliner tersebut sering disajikan. Namun kini keberadaannya mulai jarang ditemui. Bahkan jika Anda ingin menyantapnya, harus datang ke Warung Pondok Koi saja. [rom]