Cuaca tak Tentu,  Harga Bumbu Dapur Naik

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Cuaca tak tentu yang terjadi akhir-akhir ini menyebabkan sejumlah tanaman bumbu dapur mengalami penurunan secara kualitas. Bahkan akibat menurunnya kualitas bumbu tersebut, tak heran membuat harga bumbu yang kualitasnya bagus mengalami kenaikan harga, hal itu terjadi di pasar baru Tuban.

Seorang pedagang, Siti Kotijah mengatakan, harga bumbu dapur mengalami kenaikan, seperti Cabe rawit harganya 50 ribu /kg, Cabe tampar 50 ribu /kg. Sedangkan untuk Bawang putih harganya 30 ribu /kg, Bawang merah 40 ribu /kg.

"Kenaikan harganya ini relatif, kadang naik sebentar lagi juga turun, namun masih sering naiknya," kata pedagang asal Sumurgung Tuban tersebut kepada blokTuban.

Sedangkan pedagang lain Bu Muin juga membenarkan hal tersebut, hampir rata-rata bumbu dapur ini mengalami kenaikan haraga, seperti Cabe hijau besar harganya 18 ribu /kg, Caberawit sekitar 45 ribu /kg, Bawang merah 30-35 ribu /kg, bawang putih 30 ribu /kg.

"Memang mengalami kenaikan harga dibanding dengan sebelumnya, mungkin juga karena faktor cuaca yang tak tentu," jelasnya.

Kenaikan yang terjadi pada kebutuhan bumbu dapur tersebut tidak semuanya dipatok dengan harga yang sama antara pedagang satu dengan yang lain, semuanya mempunyai harga sendiri-sendiri untuk masing-masing pedagang.[nok/ito]