Hasil Panen Jagung Grabagan Meningkat 12 Persen

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meski baru sedikit para petani di Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban yang melakukan panen jagung, namun dari hasil panen tersebut sudah bisa dinyatakan bahwa ada peningkatan dibandingkan dengan tahun yang lalu.

Peningkatan mencapai 12 persen. Sebelumnya panen jagung per hektarnya mencapai 6,5 ton, tetapi kali ini panen yang dilakukan oleh petani jagung bisa mencapai 7,3 ton per hektarnya.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh kepala Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Grabagan Syaiful Anam, hasil dari jagung para petani yang telah melakukan panen mengalami paningkatan hingga 12 persen.

"Dari sekian petani yang telah melakukan panen jagung, dapat diketahui ada peningkatan hasil panen," ungkap Syaiful Anam, kepada blokTuban.com, Senin (14/3/2016).

Tahun ini para petani kebanyakan menanam jagung varietas PIONER, kata Syaiful Anam, meskipun beberapa tahun lalu musimnya tidak menentu, namun itu tidak mempengaruhi hasil panen.

"Musim tidak menentu seperti kemarin tidak mempengaruhi hasil panen," ujarnya saat ditemui di kantornya.

Diketahui, saat ini panen jagung yang menjadi produk unggulan kecamatan seribu tower itu, sebutan Kecamatan Grabagan baru mencapai sekitar lima persen dari semua luas lahan yang ditanami jagung. [hud/rom]