Musim Panen, Pemilik Dos Kebanjiran Order

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim panen padi di beberapa wilayah yang telah berlangsung, Jumat (11/3/2016) membuat beberapa orang yang tidak memiliki lahan pertanian atau merupakan buruh tani juga mendapatkan berkah dari musim panen.

Seperti halnya pemilik Dos yang berada di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban ini. Setiap harinya pemilik dos bersama tiga pekerjanya tersebut berpindah-pindah tempat untuk melakukan pengedosan padi milik beberapa petani.

Salah satu pemilik dos Sumongari (55) mengaku panen raya padi di sebagian wilayah Kecamatan Singgahan ini membuat penghasilan bertambah dan banyak juga para petani yang akan melakukan panen datang kerumah meminta agar hasil panenya dapat di doskan.

"Dalam sehari biasanya bisa ngedos hingga delapan tempat sampai 10 tempat," terang Somongari kepada blokTuban.com.

Setiap kali ngedos di satu tempat untuk upah bisanya dapat Rp100.000, tapi kadang juga tidak pasti, tergantung banyak atau sedikitnya padi yang akan di dos.

Lanjut Sumongari, kebanyakan ngedos seperti ini para petani  langsung menyuruh untuk nimbal-nimbal di tetangga sawah milik orang lain yang dekat. Kalau tidak begitu para petani langsung datang kerumah, untuk musim panen seperti sekarang ini dosnya dioprasikan terus namun apabila tidak musim panen dosnya tidak dioprasikan.

"Kalau seperti musim panen padi saat ini saya dan tiga teman saya ngedos mulai pagi hingga sore hari, kadang bisa sampai waktu magrib baru pulang," pungkas bapak 55 tahun tersebut [hud]