SI Kucurkan CSR Rp6,5 Miliar untuk Masyarakat Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - PT Semen Indonesia (Persero) menyalurkan dana bantuan atau Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp6,5 miliar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Kamis (10/3/2016).

Bertempat di halaman Rest Area Tuban, penyaluran CSR ini diperuntukkan untuk pemberdayaan masyarakat. Rencananya, dana CSR akan disalurkan kepada 26 desa dari tiga kecamatan di sekitar pabrik yaitu Kecamatan Jenu, Merakurak dan Kerek.

Dalam kegiatan tersebut, kedua belah pihak menandatangani Piagam Implementadi Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pemberdayaan masyarakat.

"Program pemberdayan masyarakat yang telah berjalan selama ini cenderung menimbulkan ketergantungan. Yang mana membuat masyarakat dan pemerintah tidak melihat potensi yang dimiliki oleh masyarakat," kata Direktur Utama PT Semen Indonesia, Suparni.

Sementara itu Bupati Tuban Fathul Huda mengatakan penyaluran dana ini sudah semestinya diterima maasyarakat sekitar pabrik. Dana CSR semestinya ke depan mampu menghapus perlahan kesenjangan sosial di masyarakat.

"Selain dana CSR, diharapkan PT Semen Indonesia dapat menghidupkan Badan Amil Zakat (BAZ). Sehingga dapat efektif untuk memberikan nilai ekonomi di tengah masyarakat di tiga kecamatan," kata orang nomor satu di Tuban ini. [dwi/col]