Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selain padi, Pertanian yang ada di Desa Kedungjambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban juga merupakan penghasil kedelai. Penanaman kedelai di desa tersebut dilakukan oleh hampir semua petani, hal ini untuk memaksimalkan lahan pertanian setelah melakukan pemanenan padi yang kedua kalinya.

Kepala Desa (Kades) Kedungjambe Ansori mengatakan, setelah pemanenan padi yang kedua kalinya kurang lebih terdapat hingga 125 hektare lahan warga ditanami dengan tanaman kedelai.

"Hampir semua petani, untuk tanaman yang ketiga kalinya adalah tanaman palawija yakni kedelai dan ada juga beberapa yang tanam jagung," ungkap Kades Kedungjambe kepada blokTuban.com, Minggu (6/3/2016).

Setiap kali panen kedelai apabila airnya cukup dan perawatan maksimal bisa mencapai hingga satu ton perhektarenya. Namun sering kali para petani mengeluhkan air yang tidak mencukupi sehingga hama ulat mudah menyerang tanaman kedelai.

Biasanya belum sampai panen kedelai, sudah tidak ada hujan sehingga air untuk irigasi kurang. "Akibatnya panen kedelai kurang maksimal," pungkasnya.[hud/col]