Gabah Murah Belum Pengaruhi Harga Beras

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Menjelang panen raya, harga gabah kering ditingkat petani anjlok drastis. Tetapi, hal ini tidak sebanding dengan harga beras yang ada di pasar Tuban. Sampai sekarang, harga beras di pasar tidak terpengaruh dengan musim panen ataupun murahnya harga milik petani.

Saat ini, harga beras di pasar dengan kualitas premium masih Rp9.900 sampai Rp10.500 per kilogram. Kemudian, untuk kualitas medium berkisar Rp8.500 sampai Rp9.000 per kilogram, dan beras biasa seharga Rp8.000 sampai Rp8.500 per kilogram.

Salah satu pedagang beras asal Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Muhajir mengatakan, biasanya harga beras akan turun apabila stok melimpah di musim panen.

"Harga beras masih belum turun. Padahal, harga gabah kering petani kabarnya sudah sangat kering," jelas pria 40 tahun itu kepada blokTuban.com, Senin (7/3/2016).

Sebelumnya, harga gabah kering petani di Tuban jauh di bawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Diketahui, sesuai Inpres Nomor 5 Tahun 2015 harga gabah di tingkat petani semestinya Rp3.700 per kilogram. Sementara gabah petani di Tuban sekarang hanya berkisar Rp2.500 per kilogram. [pur/ito]