Efek Cuaca, Harga Komoditas Dapur Meroket

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Efek cuaca dan curah hujan tinggi yang melanda berbagai wilayah berpengaruh pada hasil panen aneka jenis bumbu kebutuhan dapur. Akibatnya, harga bumbu dapur yang ada di pasar juga mengalami kenaikan cukup signifikan.

Kenaikan harga bumbu bisa ditemui di hampir semua pasar di Tuban. Terjadi sejak satu pekan terakhir. Saat ini, harga yang paling tinggi adalah jenis bawang merah. Komoditas ini sudah mengalami kenaikan harga selama beberapa kali.

"Bawang merah awalnya seharga 15 ribu per kilogram, kemudian naik menjadi 20 ribu, naik lagi menjadi 30 ribu, dan sekarang sudah naik menjadi 35 ribu per kilogram," jelas salah satu pedagang di Pasar Baru Tuban, Indah Warni, kepada blokTuban.com, Sabtu (5/3/2016).

Meski tidak sebanyak bawang merah, harga bawang putih juga naik dari Rp26 ribu menjadi Rp28 per kilogram. Kemudian cabai rawit hijau dari Rp12 ribu per kilogram menjadi Rp17 ribu, serta tomat dari Rp6.000 menjadi Rp10 ribu per kilogramnya.

Mahalnya komoditas bumbu dapur diakui pedagang karena minimnya pasokan dari petani. Banyak petani yang mengalami gagal panen karena faktor cuaca dan banjir yang menerjang lahan mereka. Termasuk untuk pasokan tomat dan cabai yang selama ini mengandalkan petani lokal. [pur/ ]