Tahu Kedungjambe, Setiap Hari Habiskan 1 Kuintal Kedelai

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Usaha rumahan atau home industri pembuatan tahu yang berada di Dusun Jambean, Desa Kedungjambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban setiap harinya menghabiskan kurang lebih satu kuintal kedelai.

Usaha milik Sukariadi (45) ini dirintis sejak tahun 1996, dan saat ini pelanggannya telah merata di Kecamatan Singgahan, setiap harinya ia mampu memproduksi tahu hingga satu kuintal kedelai.

Setiap satu biji tahu bapak dipatok harga Rp200, yang dikirim ke beberapa pelanggannya di kawasan Kecamatan Singgahan."Untuk pelanggan saya dari Kecamatan Singgahan sendiri," ujar saat ditemui blokTuban.com.

Menginjak usia hampir 20 tahun, usaha pembuatan tahu yang ditekuni oleh Sukariadi setiap harinya habis terjual. Untuk sistem pemasaran ia mengirimkan produk tahunya kepada pedagang-pedagang sayuran.

Berhubung kedelai lokal tidak selalu ada, setiap minggunya pembuat tahu tersebut, mendapatkan kiriman kedelai dari Kabupaten Bojonegoro dengan harga Rp700.000 per kuintal.

"Jelasnya kalau kedelai lokal lebih menguntungkan, namun musim seperti ini kedelai lokal stoknya kurang," pungkas Sukariadi.[hud/col]