Pembangunan Tanggul Tahap II Diprediksi Kelar Mei

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pembangunan tanggul Bengawan Solo yang berada di Desa NGadirejo, Kecamatan Rengel akan pada minggu pertama Maret ini akan dikerjakan. Penyelesaian pembangunan tanggul diprediksi akan kelar pada bulan Mei 2016.

Seperti deketahui pembangunan tanggul melalui beberapa tahap. Tahapan pembangunan kali ini meliputi pembangunan parapet, plengsengan, timbunan tanah dan pintu air.

"Terutama pembangunan pintu air diharapkan dapat membantu kedepan mengurangi dampak banjir. Bagaimanapun juga afur atau sungai pembuangan yang ada di Rengel kerapa meluap membanjiri pemukiman warga," kata Camat Rengel, M Mahmud, Kamis (3/3/2016).

Pembangunan pintu air menjadi salah satu priortas dari penaggulangan banjir. Dengan buka tutup air, lanjut M Mahmud, air dari darat dapat diatur tidak dapat masuk ke bengawan. Sebalik air dari bengawan ketika arus deras tidak naik ke darat.

"Afur Rengel melewati beberapa desa. Yaitu Desa Sawahan, Bulurejo dan Ngadirejo sekaligus sebagai hulu," ujar Mahmud.

Diketahui dana pembangunan tanggul yang memiliki sebutan proyek multiyear pada tahap dua ini sekitar Rp11 miliar yang di dapat dari APBN. Dimana Surat Perintah Kerja (SPK) pelaksanaan pembangunan sudah dikeluarkan sejak Februari 2016 lalu.[dwi/col]