Muspika Rengel Sosialisasikan Pembangunan Tanggul

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Rengel menyosialisasikan pembangunan tanggul bantaran sungai Bengawan Solo tahap dua di kepada warga Desa NGadirejo, Kecamatan Soko, Kamis (3/32016).

Diketahui Agustus 2015 sebelumnya, Pembangunan tanggul Bengawan Solo tahap satu berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel. Jika sebelumnya menghabiskan dana kurang lebih Rp13 miliar. Dana tersebut dari APBD sekitar Rp6,8 miliar dan APBN sekitar Rp6,3 miliar.

"Dana pembangunan tanggul tahap dua ini dipersiapkan sekitar Rp11 miliar yang di dapat dari APBN," kata Camat Rengel, M Mahmud kepada blokTuban.com.

Pembangunan yang disebut-sebut sebagai proyek multi year kali ini, lanjut M Mahmud dilakukan secara bertahap. Pembangunan kali ini meliputi pembangunan parapet, plengsengan, timbunan tanah dan pintu air.

Bertempat di Balai Desa Ngadirejo sosialisasi dihadiri juga oleh Balai Besar Wilayah Sungai, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tuban, kontraktor, Pemerintah Desa dan warga setempat. Secepatnya pembangunan akan segera dilangsungkan.

Pembangunan tanggul yang beraada di sepanjang sungai Bengawan Solo ini bertujuan untuk mengurangi resiko bencana banjir yang tiap tahun menimpa warga Rengel sekitar. "Banjir bagi merek bukan lagi musibah tahunan tapi sudah seperti dulur (saudara)," kata M Mahmud menambahkan.[dwi/col]