Jaga Keutuhan NKRI, Pemuda Dibekali Wawasan Kebangsaan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mahasiswa perguruan tinggi yang berada di Kaabupaten Tuban diberikan wawasan kebangsaan, Kamis (3/3/2016).

Kurang lebih seratus mahasiswa menjadi peserta kegiatan yang diinisiasi oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tuban ini. Seratus mahasiswa ini di antaranya dari Unirow, Stitma, Unang, UT, Stikes NU dan Poltekenes. Dari mahasiswa atau kerap disebut agent of change inilah, Kepala Kesbangpol Tuban, Aguk Waluyo Raharjo berharap forum tersebut mampu menciptakan ketahanan nasional.

"Selain kegiiatan rutin tahunan, diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta anak muda terhadap NKRI," kata Aguk menegaskan.

Sementara itu, mahasiswa dari Stitma, HAbib Mustafa menanggapi kegiatan ini memang memiliki tujuan baik. Akan tetapi, di tahun sebelumnya kegiatan sama yang ia ikuti ini menyediakan waktu yang terlalu singkat.

"Waktu yang diberikan belum cukup. Kegiatan yang dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB ini belum mampu menampung aspirasi dan menjawab unek-unek kami," kata pria yang juga seorang aktivis ini.

Dalam kegiatan yang gedung KORPRI yang berada di lingkungan Pendopo Kridha Manunggal Kabupaten Tuban ini menghadirkan materi yang dibawakan langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jatim Jonathan Judianto, Komandan Kodim (Dandim) 0811/Tuban, Sarwo Supriyo dan Kapolres Tuban, Guruh AArif Darmawan.[dwi/col]