Warga Manfaatkan Pohon Tumbang untuk Cari Rencek

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hujan disertai angin yang melanda Desa Guwoterus Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jumat lalu mengakibatkan banyak pohon milik Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Guwaterus, Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Mulyoagung, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Parengan tumbang.

Hal itu dimanfaatkan oleh banyak warga yang berada di sekitar hutan untuk mencari rencek atau kayu ranting. Dengan membawa peralatan golok dan perkul warga menyerbu hutan tersebut.

Salah satu warga Mulyoagung, Muhyidin (65) mengaku saat ini ia bisa balik hingga lima sampai enam kali. Rencek tersebut ia gunakan sehari-hari untuk memasak. Sebelumnya setiap hari Muhyidin membeli setiap satu rengkek sepeda motor seharga Rp20.000.

"Sebelumnya untuk kebutuhan sehari-hari saya membeli dengan harga Rp20.000 per sepeda motor," terang kakek berkopyah putih tersebut kepada blokTuban.com, Sabtu (27/2/2016).

Hal ini sangat membantu para warga sekitar hutan, walaupun ranting pohon itu masih basah namun para warga saling berebutan untuk mendapatkan rencek sebanyak-banyaknya.

Warga lain, Naim (40) mengatakan, pagi ini dia sendiri sudah mendapatkan rencek hingga kurang lebih satu mobil bak terbuka dan apabila seandainya di jual rencek ini laku hingga Rp250.000.

"Rencek ini saya pakai untuk kebutuhan sehari-hari," ungkap Naim. [hud/col]