Musim Hujan, Permintaan Banih Ikan di BBI Meningkat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pada musim penghujan seperti saat ini, permintaan benih ikan di Balai Benih Ikan (BBI) Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban mengalami peningkatan.

Hal itu dikarenakan, banyak masyarakat yang mencoba membudidayakan ikan untuk kepentingan bisnis, maupun untuk keperluan sendiri. Selain itu, budidaya ikan saat musim hujan sangat cocok, disamping udara yang mendukung juga suplai air cukup.

Kepala UPTD BBI Jojogan, Jasudi mengatakan, peningkatan pembelian benih ikan pada musim hujan seperti ini, disebabkan letak wilayah Kabupaten Tuban merupakan wilayah tadah hujan. Sehingga, musim penghujan banyak masyarakat yang memanfaatkan lahannya sebagai kolam ikan.

"Kenaikan saat musim penghujan ini hampir 50 persen," ujar Jasudi, kepada blokTuban.com, Jumat (26/2/2016).

Selain pembelian benih ikan meningkat, kata Jasudi, hal ini juga sebanding dengan produksi yang di hasilkan oleh BBI Jojogan. Berhubung suplai air saat musim hujan cukup, permintaan masyarakat akhirnya bisa terpenuhi.

Untuk harga benih, lanjut Jasudi, dipatok mulai dari harga Rp100 sampai Rp150 perekor untuk benih ikan nila, sedangkan untuk benih lele mulai dari Rp150 sampai Rp200 perekornya.

"Saat ini benih yang banyak dicari para konsumen adalah benih ikan nila, karena mudah dalam perawatanya," pungkas Kepala UPTD BBI Jojogan. [hud/rom]