Tanggul Avur Jambon Jebol, Akses Jalan Desa Terhambat

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Jebolnya tanggul Avur Jambon di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban pada Selasa (23/2/16) sore, membuat jalur akses menuju desa tetangga terhambat. Bahkan, jalan itu tidak bisa dilalui karena tingginya air selutut orang dewasa dan derasnya arus air yang meluap dari tanggul tersebut sangat membahayakan.

Seorang warga Sumurgung, Tamat (55) mengatakan, luapan airnya sangat deras kali ini, bisa dilihat begitu cepatnya gerak air sehingga langsung menyebar ke sawah-sawah warga. Bahkan, juga menutup jalan penghubung dari Desa Sumurgung menuju Desa Tegalrejo.

"Tinggi airnya sampai pada lutut orang dewasa, berbahaya jika dilalui, sebab luapannya sangat deras sehingga menimbulkan tekanan air. Selain itu, juga jalan berlumpur," terangnya kepada blokTuban.com

Warga lain, Yadi mengatakan, luapan air dari tanggul Avur Jambon kali ini sangat deras sekali, karena di daerah Grabagan dan Rengel informasinya terjadi hujan deras. Jadi begitu cepatnya air begerak ke tanggul, apalagi tanggulnya jebol jadi semakin deras luapan airnya keluar tanggul.

"Jalur penghubung Desa Sumurgung ke Desa Tegalrejo untuk saat ini jelas tidak bisa dilalui, karena tertutup oleh luapan air tanggul tersebut dan jalannya juga berlumpur, jadi sangat membahayakan jika dipaksakan untuk dilalui," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com, luapan air Tanggul Avur Jambon tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, hingga pukul 18.00 WIB luapan masih terus terjadi hingga menggenangi seluruh sawah petani yang ada di sekitar lokasi dan menyebabkan jalan penghubung desa tidak bisa dilalui.[nok/ito]