Desa Tunggulrejo, Sentra Produksi Batu Bata Merah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Terdapat hingga kurang lebih 97 Kepala Keluarga (KK) di Desa Tunggulrejo, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban melakukan aktifitas pembuatan batu bata merah.

Kepala Urusan Pemerintahan (Kaur Pemerintahan) Desa Tunggulrejo, Gardiun mengatakan, di desa tersebut ada tiga dusun yakni, Dusun Brabo, Singgahan dan Sambikerep. Desa ini merupakan salah satu desa sentra penghasil produksi batubata merah di Kabupaten Tuban.

"Ada puluhan tempat produksi batubata merah yang terdapat di tengah-tengah persawahan," ujarnya kepada blokTuban.com.

Lanjut Gardiun, selain berdagang, petani dan buruh tani warga yang berada di Desa Tunggulrejo ini, mempunyai aktifitas membuat batubata merah. Hal itu ada yang sebagian warga menjadi pekerjaan pokok, dan ada juga yang hanya sebagai sampingan selain bertani.

Dari pantauan blokTuban.com, untuk pembuatan batubata merah sendiri terdapat di tengah-tengah sawah, terdapat puluhan tempat untuk memproduksi batubata merah di Desa Tunggulrejo ini. "Kurang lebih ada 97 KK warga yang memproduksi batubata merah," imbuhnya.

Saat ini kendala dari produksi batubata merah adalah musim penghujan, selain itu juga dalam pemasaran para konsumen saat ini lebih memilih batu kumbung untuk pembangunan.[hud/ito]