Izin Amadal Beres, Ada Perusahaan Semen Lagi di Tuban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) batu kapurnya, dan juga zat tanah yang produktif sebagai bahan baku campuran semen. Tak heran jika setiap perusahaan semen pasti ingin melakukan Investasi di Bumi Wali tersebut, sehingga bisa melakukan produksi sesuai dengan target dari perusahaan. Sudah berdiri pabrik semen berskala International di Tuban yaitu Semen Indonesia dan Juga Semen Holcim, dan sebentar lagi akan ada pabrik semen lagi di Tuban. Hal tersebut diungkapkan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Tuban.

Sekretaris BLH Tuban, Bambang Irawan mengatakan, bahwa sudah ada perusahaan semen yang mengajukan izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) kepada Bupati Tuban, namun belum mendapatkan izin, karena masih dalam proses kajian. Perusahaan semen tersebut adalah PT. Abadi Cement.

"Untuk Kerangka Acuannya (KA) sudah disetujui oleh BLH, oleh karena itu sekarang sedang mengurus izin AMDALnya," terang pria yang akrab disapa Bambang tersebut, kepada blokTuban.com

Selanjutnya Bambang menjelaskan, untuk izin kerangka acuannya bisa diselesaikan dalam waktu 30 hari atau sekitar 1 bulan, namun jika untuk izin AMDAL dibutuhkan waktu sekitar 75 hari sejak awal pengajuan, itu jika persaratannya sudah dipenuhi. Apabila belum, kata Bambang, maka akan dilakukan revisi, sehingga izinnya pun akan tertunda.

"Kalau tidak salah izin AMDAL tersebut diajukan sekitar awal tahun 2016 kepada Bupati, untuk tanggal pengajuannya saya kurang tahu," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com, bahwa perusahaan semen PT. Abadi Cement tersebut berasal dari Investor China, dan akan siap berproduksi di Kabupaten Tuban jika izin AMDAL dari Bupati sudah diterbitkan. [nok/rom]

*Foto ilustrasi