Asal Usul Tuban dan Pemandian Bektiharjo

Pengirim: Arianto

blokTuban.com - Bicara mengenai Kabupaten Tuban, maka tidak bisa lepas dengan pemandian Bektiharjo. Wahana wisata air di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, itu diyakini berkaitan erat dengan asal usul Tuban.

Sejumlah sumber menceritakan,  seorang Adipati bernama Raden Arya (RA) Dandang Wacana, mendapat wangsit atau pesan gaib untuk membuka alas papringan (hutan bambu) sebagai pemukiman. Namun kedatangan putra Adipati lumajang, RA Dandang Miring, itu bertepatan musim kemarau, sehingga kawasan hutan bambu menjadi sangat tandus.

Dengan kesaktiannya, Dandang Wacana kemudian mencabut sebatang bambu dan seketika tanah bekas bambu itu mengeluarkan air (Jawa : metu banyune). Berasal dari kata meTU BANnyu itu muncul nama Tuban.

Sumber air yang dimaksud dalam kisah itu kini menjadi sebuah sendang di tengah area wisata pemandian Bektiharjo, yang dinamakan Sendang Widodaren. air yang dihasilkan hingga kini menjadi tumpuhan hidup warga sekitar, dan tidak pernah kering meski kemarau panjang melanda.

Wahana Wisata Air Bektiharjo sempat menjadi primadona masyarakat Tuban untuk rekreasi. Namun sayang kini banyak fasilitas rusak dan kurang terawat, sehingga membuat pemandian bersejarah itu mulai ditinggalkan pecintanya. [rom]