Pengairan Desa Karangtengah Dipastikan Aman

Reporter : Ikhsanul Yazid

blokTuban.com - Pekarya pemanfaatan sumber daya air Bengawan Solo satker III wilayah Bendungan Krinjo, mengklaim pengairan sawah di wilayah Desa Karangtengah dan sekitarnya masih aman terkendali.

Hal tersebut, diungkapkan salah seorang pekarya, Jupri yang memang khusus ditugaskan sebagai pengatur debit air untuk pemanfaatan Kali Kening yang digunakan warga sebagai sumber pengairan.

"Karena ada pintu padat sebagai pengatur debit air, wilayah persawahan masih aman dari banjir di musim seperti ini," ungkapnya kepada blokTuban.com

Selain sebagai pengatur masuknya air di persawahan, pekarya yang berjumlah lima orang tersebut juga bertugas memelihara aliran air. Dengan kata lain, pembersihan serta perawatan bendungan juga dilakukan setiap harinya. "Sehingga penghambat serta sampah tidak ada yang menghalangi aliran alir," imbuhnya.

Lancarnya aliran air, kata Jupri menjadikan wilayah kerja pekarya bebas dari luapan air, dan untuk Karangtengah menjadi ujung akhir dari aliran sekunder (pembagian) dalam peta. Sehingga untuk desa yang berada setelah Desa Karangtengah menggunakan teksier atau aliran irigasi dari desa.

"Sedangkan aliran sekunder selatan Desa Sadang menjadi ujung paling timur wilayah OP SDA III pekarya yang berkantor di Kabupaten Bojonegoro tersebut," pungkasnya. [nul/ito]